DIY – Tips Cara Membuat Lampu Dinding Dari Toples Kaca

Diposting pada

Lampu merupakan alat penerangan ketika dimalam hari atau sebagai alat penerangan dalam sebuah ruangan yang tidak memiliki cahaya dan membutuhkan penerangan yang lebih. Terdapat berbagai macam jenis lampu yang bisa Anda temukan, salah satunya adalah lampu dinding. Banyak di jual lampu dinding dengan berbagai macam bentuk dan model yang unik dan lucu. Penggunaan lampu dinding sendiri biasanya digunakan sebagai pelengkap hiasan dalam ruangan atau luar ruangan, jadi lampu dinding ini bukan untuk dijadikan lampu utama dalam penerangan melainkan hanya hiasan saja.

Berbagai macam jenis banyak di jual lampu dinding dengan berbagai bentuk model dan harga jual yang beragam, nah agar menghemat pengeluaran Anda bisa membuat sendiri lampu dinding dari barang – barang sudah tidak terpakai seperti salah satu nya adalah dari toples kaca yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Anda bisa memanfaatkan toples atau jar yang sudah tidak terpakai atau jarang Anda pakai untuk dijadikan bahan dalam pembuatan lampu dinding, seperti apa cara membuatnya? Beriku penjelasnnya.

Cara Membuat Lampu Dinding Dari Toples Kaca

Bahan utama yang pasti harus Anda persiapkan dalam membuat lampu dinding ini adalah sebuah toples kaca berukuran seperti mug gelas atau jar gelas. Kemudian siap kan beberapa panjang kabel, panjang kabel ini dapat Anda sesuaikan dengan posisi penempatan lampu dengan posisi stop kontak. Siapkan lampu bohlam dengan watt jangan terlalu besar dan siapkan lem. Untuk dudukan lampunya siapkan beberapa bahan kayu. Berikut ini adalah gambar lampu dinding dari toples yang akan kita buat.

Langkah – Langkah Pembuatan

  • Pertama – tama kita buat terlebih dahulu tempat dudukan lampu, ambil bahan – bahan kayu yang telah Anda siapkan tadi. Buat dua bagian, satu bagian untuk ditempel pada dinding, dan bagian satunya untuk tempat dudukan kabel lampu gantung.
  • Setelah mendapatkan setiap bagian potongan kayu, sambung keduanya menjadi seperti gambar diatas menggunakan lem atau paku kecil. Sebelum di paku atau dilem, jangan lupa membuat lubang pada bagian atasnya sebagai tempat kabel.
  • Kemudian langkah selanjutnya adalah menyiapkan toples berikut dengan tutupnya. Lubangi bagian tutup toples seukuran dengan rumahan lampu atau fitting lampu.
  • Rapihkan pinggiran toples agar tidak membahayakan tangan pada saat penempatan lampu.
  • Kemudian rangkai setipa komponen – kompone lampu dari kabel, fitting lampu, hingga pemasangan lampu pada toples.
  • Agar lampu tidak menahan beban toples, lem sebagian badan tolpes dan tempelkan pada kayu. Pastikan lem merekat dengan kuat.
  • Dan lampu gantung dari toples kaca, siap Anda gunakan.

Nah itulah cara sederhana membuat lampu dinding dari toples kaca, cukup mudah bukan? Jika Anda memili waktu luang, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dari pada harus membelinya dengan harga jual lampu dinding yang tidaklah murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *